Bisnis adalah faktor utama yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di suatu negara. Mereka berkontribusi secara signifikan pada produksi, pendapatan, dan penciptaan lapangan kerja. 90% bisnis adalah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Di negara-negara berkembang, hingga 40% dari PDB dan 60% dari total pekerjaan berasal dari UMKM.
Pemerintah banyak negara telah menempatkan pertumbuhan UMKM sebagai prioritas utama, misalnya, Indonesia. Indonesia memiliki potensi besar UMKM dengan 59,2 juta orang menjalankannya. Presiden Indonesia telah berulang kali menyatakan pentingnya UMKM dan mendukung pertumbuhan UMKM dengan menyederhanakan peraturan untuk memfasilitasi investasi masuk. Meskipun pemerintah telah menyatakan dukungannya, banyak faktor eksternal masih menghambat pertumbuhan UMKM. 40% dari UMKM mengalami kesulitan mendapatkan pinjaman atau investasi. Kesulitan dalam pendanaan telah menghambat peluang pertumbuhan dan ekspansi untuk UMKM sehingga mereka rentan terhadap keruntuhan di era bisnis modern ini.
Di era bisnis modern, data adalah aset yang sangat berharga. Setiap transaksi bisnis menghasilkan serangkaian data yang dapat digunakan tergantung pada kebutuhan: untuk menentukan kredibilitas calon klien atau akses ke ekspansi bisnis dan peluang pendanaan. Namun sayangnya, sampai sekarang tidak ada infrastruktur yang dapat mengubah data itu menjadi reputasi yang valid bagi UMKM untuk meningkatkan bisnis mereka.
Untuk alasan ini, Tokoin menggunakan teknologi blockchain untuk mengumpulkan data non-finansial dari UMKM dan semua data bisnis dari operasi harian untuk diubah menjadi buku besar digital dan didistribusikan ke ekosistem. Dengan demikian, Tokoin akan menjadi platform untuk membuat profil yang tepercaya dan bereputasi sebagai penilaian kredibilitas yang dapat diterima untuk pemasok dan lembaga keuangan. Tokoin bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di negara-negara berkembang dengan mempercepat pertumbuhan UMKM.


1. ( Membangun Identitas Digital')
Banyak UMKM tidak mengerti dan tidak dapat memproses data yang mereka miliki, belum lagi bisnis offline yang tidak memiliki sistem untuk mengumpulkan data. Selain itu, UMKM sering mengalami siklus biaya tinggi, dukungan finansial minimal, dan persaingan ketat karena kurangnya kepercayaan dari pemasok, bank, dan bahkan pelanggan. Karena itu, UMKM perlu membangun reputasi yang menciptakan kepercayaan dan membuka akses ke berbagai layanan.



Tokoin membantu UMKM untuk membangun identitas digital yang membantu mereka membangun kepercayaan. Profil bisnis, aktivitas, dan perilaku pembelian dikumpulkan dan diproses untuk menciptakan kredibilitas bagi pengguna Tokoin. Dengan identitas digital ini, UMKM akan lebih percaya diri ketika mendekati bank, penyedia layanan akan diberikan akses ke profil reputasi dari berbagai jaringan UMKM tepercaya, dll.

2. (Akses ke Pendanaan')
70% dari UMKM masih kekurangan akses ke peluang pendanaan karena ada beberapa kondisi yang ditetapkan oleh bank yang tidak dapat dipenuhi oleh UMKM. Salah satu syaratnya adalah kredibilitas. UMKM dengan operasi dan pengalaman kurang dari 5 tahun tidak memiliki kredibilitas yang memenuhi persyaratan untuk mengajukan pinjaman.



Tokoin menyediakan infrastruktur yang mengakomodasi UMKM untuk merekam dan mengelola data transaksi untuk menggunakan data mereka untuk menciptakan lebih banyak peluang pendanaan.

3. (Peluang Pertumbuhan')
Sebagian besar UMKM tidak menghasilkan laba yang cukup karena biaya produksi dan transaksi yang lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan besar. UMKM juga memiliki sumber daya yang lebih sedikit untuk menemukan pemasok yang lebih baik atau pembiayaan yang sesuai, kurangnya jaringan global yang berharga, dan kadang-kadang kesulitan bersaing di pasar baru.
Tokoin menggunakan data yang dicatat dalam blockchain sebagai metrik yang valid untuk membangun reputasi bisnis. Reputasi ini dibangun di atas perilaku pembelian klien dalam aktivitas perdagangan. Dengan ini, Tokoin dapat mengubah data yang akurat menjadi aset berharga yang dapat digunakan oleh UMKM untuk menjangkau lembaga keuangan apa pun untuk tujuan ekspansi bisnis dan untuk mencapai pertumbuhan bisnis.

(Token Tokoin')


(Tim Tokoin')


(Roadmap Tokoin')


(Kesimpulan')
Tokoin adalah proyek nyata pertama dari Indonesia yang memanfaatkan teknologi blockchain untuk mempercepat pertumbuhan UMKM. Melalui Tokoin, UMKM dapat memanfaatkan data bisnis mereka untuk menciptakan identitas dan reputasi bisnis digital sebagai penilaian kredibilitas yang dapat diterima. Dengan identitas digital ini, UMKM akan dapat memperoleh peluang pendanaan secara global untuk pertumbuhan bisnis mereka.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi:

AUTHOR: Mex89